Analisis Laporan keuangan

Topik penting lainnya yang ingin saya sampaikan adalah berkenaan dengan pentingnya melakukan analisa keuangan sebelum mengambil keputusan investasi atau lainnya, tetapi kita perlu juga memperhatikan faktor kualitatif tertentu. Analisis laporan keuangan umumnya mencakup (1) analisis rasio keuangan dan (2) pembandingan kinerja perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama. Dengan analisis keuangan dapat diketahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki seorang busiess entreprise. Meskipun hal itu penting untuk memahami dan menginterpretasikan laporan keuangan,  namun analisis keuangan yang bagus tidak hanya sekedar menghitung dan  menginterpretasikan angka – angka. Analis yang baik mengakui bahwa faktor – faktor kualitatif tertentu harus dipertimbangkan ketika mengevaluasi perusahaan. Faktor – faktor ini, Sebagaimana yang disampaikan oleh American Association of Individual Investors (AAII), adalah sebagai berikut :

  1. Jika pendapatan perusahaan tergantung pada satu konsumen utama, maka kinerja perusahaan akan menurun secara dramatis jika konsumen tersebut memilih beralih ke perusahaan lain. Dan sebaliknya, jika hubungan itu benar – benar kuat antara perusahaan dengan konsumennya, maka penjualan akan tetap stabil.
  2. Perusahaan yang mengandalkan hanya pada satu produk mungkin akan lebih efisien dan terfokus, tetapi kurangnya diversifikasi akan meningkatkan risiko. Jika pendapatan berasal dari beberapa produk yang berbeda, maka keseluruhan bottom line akan kurang terpengaruh oleh turunnya permintaan satu produk.
  3. Jika perusahaan Bergantung hanya pada pemasok tunggal dapat menimbulkan kekurangan yang tidak dapat diantisipasi, hal ini harus dinilai oleh investor dan kreditur.
  4. Perusahaan dengan persentase yang besar dari bisnis di luar negeri seringkali mampu merealisasi pertumbuhan yang pesat dan marjin laba yang lebih besar. Namun nilai operasi perusahaan ini tergantung pada nilai mata uang lokal. Jadi, fluktuasi pasar uang dapat menimbulkan risiko tambahan bagi perusahaan dengan operasi yang besar di luar negeri.
  5. Persaingan. Umumnya persaingan yang meningkat akan berdampak menurunkan harga dan marjin laba. Dalam meramalkan kinerja masa depan, tindakan atas persaingan saat ini dan kemungkinan masuknya pesaing baru di masa mendatang sangat penting untuk dinilai.
  6. Prospek masa depan. Jika perusahaan melakukan investasi secara besar – besaran dalam penelitian dan pengembangan, maka prospek masa depan perusahaan mungkin sangat tergantung pada keberhasilan produk baru. Misalnya penilaian pasar atas perusahaan notebook tergantung pada bagaimana produk perusahaan itu di tahun depan. Demikian pula investor perusahaan rokok akan berusaha mngetahui apakah perusahaan telah mengembangkan rokok yang dipasarkan di masa mendatang.
  7. Undang – undang dan peraturan. Perubahan undang – undang dan peraturan mempunyai implikasi yang penting terhadap berbagai industri. Dalam menilai perbankan, perusahaan telekomunikasi, dan perusahaan rokok, analis perlu meramalkan bagaimana industri ini di atur di masa mendatang dan kemampuan masing – masing perusahaan dalam menanggapi perubahan peraturan.

 

Tinggalkan komentar

Filed under Audit

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s