pentingnya komunikasi dalam mengelola uang

Dalam penerapan ilmu strategi komunikasi tidak hanya dilakukan ketika Anda berkomunikasi dengan tetangga, teman, atau lainnya, tetapi juga penting buat Anda untuk melakukan komunikasi yang efektif dengan keluarga Anda dalam mengelola keuangan, sehingga tujuan dalam mengelola keuangan dapat tercapai dengan efektif, efisien dan barokah. Anda dapat melakukan kombinasi antara keahlian komunikasi yang baik dengan langkah-langkah dibawah ini, sehingga dalam pengelolaan keuangan keluarga akan menjadi efektif dan komunikatif:

1. Terbuka, Terbuka dan mengakui bahwa jika terjadi masalah.

2. Identifikasi masalah yang sesungguhnya. Masalah-masalah keuangan kadang-kadang hanya bersifat emosional. Sehingga langkah yang harus Anda lakukan adalah mengelola masalah tersebut, dapat mulai Anda membaca kembali catatan tertulis sehingga memberikan informasi yang objektif. Yakinlah bahwa masalah tersebut benar-benar mengenai uang.

3. Fokus pada topik pembahasan,

4. Alternatif brainstorm. Buatlah daftar semua kemungkinan tinadakan/atau solusi. Tidak seorang pun boleh berkomentar terhadap semua saran yang ada sampai daftar selesai dibuat.

5. Diskusikan, Diskusikan setiap alternatif dan membuat persetujuan terhadap solusi yang memungkinkan. Tulislah hasilnya. Kesepakatan melalui musyawarah merupakan solusi terbaik. Semua orang harus merasa bahwa keinginan mereka telah dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan.

6. Mencari solusi yang tepat, Usahakan agar setiap solusi dapat terlaksana dengan baik. Identifikasi dan hindarilah hal-hal yang biasa menghalangi pelaksanakan solusi. Kenali kemungkinan pengorbanan-pengorbanan yang harus dilakukan. Solusi yang sempurna sangat jarang ditemukan.

7. Selalu berkomunikasi, jagalah agar komunikasi tetap berjalan secara terbuka selama mencari solusi. Setiap orang harus merasa paham, dihargai, dan dicintai.

Selamat mencoba!!!

Salam Faiz

Diambil dari bagian buku yang blom selesai juga🙂

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s